Stasiun Probolinggo

Peron Stasiun Probolinggo.

Letak
Provinsi           Jawa Timur
Kota                Probolinggo
Kecamatan      Mayangan
Kelurahan        Mayangan
Alamat            Jl. KH. Mas Mansyur No. 26
Sejarah
Informasi Lain
Operator          Daerah Operasi 9 Jember
Kode stasiun   PB
Elevasi ±4 m. dpl.
Layanan          Mutiara Timur, Tawang Alun, Sri Tanjung, Logawa, Probowangi

Stasiun Probolinggo (kode: PB, +4m dpl) merupakan stasiun kereta api yang berada di Jal. KH. Mas Mansyur No. 26, Mayangan, Mayangan, Probolinggo, Jawa Timur yang menghubungkan antara Stasiun Banyuwangi dan Stasiun Surabaya Gubeng. Melayani baik kereta api kelas ekonomi maupun kelas bisnis. Stasiun ini adalah milik PT. Kereta Api(Persero) Daops IX Jember.

Stasiun Probolinggo dibangun pada akhir abad ke-19. Pada pembangunannya, peletakan stasiun ini sesuai dengan tata ruang kotanya. Stasiun ini terletak di ujung utara Jl. Suroyo, yang dahulu merupakan jalan utama kota. Dekat stasiun ini terdapat pelabuhan dan alun-alun.

Jalur rel dari timur stasiun ini membelok ke selatan. Sebelum perlintasan di Jl. Panglima Soedirman, terdapat bekas Stasiun Jati. Dari sini, dahulu terdapat percabangan jalur ke Paiton. Jalur tersebut digunakan untuk pengangkutan tebu. Sekarang sudah tak dipergunakan lagi.

Dulu juga ada percabangan ke pelabuhan Probolinggo untuk digunakan oleh kereta pengangkut BBM PT. Kertas Leces, tetapi sekarang sudah tidak digunakan lagi, dan sebagian jalur yang melintang di jalan telah tertutup aspal.

Kereta api
Mutiara Timur: ke Banyuwangi Baru dan Surabaya Gubeng
Tawang Alun: ke Banyuwangi Baru dan Malang
Sri Tanjung: ke Banyuwangi Baru dan Yogya Lempuyangan
Logawa: ke Jember dan Purwokerto
Probowangi: ke Banyuwangi Baru
http://id.wikipedia.org/