Stasiun Pasuruan

Halaman Stasiun Pasuruan (sekitar tahun 1934).
----------
Stasiun Pasuruan (PS) merupakan stasiun kereta api kelas II yang terletak di Trajeng, Gadingrejo, Pasuruan. Stasiun yang terletak pada ketinggian +3 m ini termasuk ke dalam Daerah Operasi IX Jember dan menjadi stasiun aktif paling barat yang berlokasi di Daop IX. Dengan letak ketinggiannya tersebut, stasiun ini merupakan stasiun terendah di Daop IX Jember. Stasiun ini termasuk tipe stasiun berperon sisi dan memiliki 4 jalur aktif dengan jalur 2 sebagai sepur lurus.

Sri Tanjung ft.CC 201 134R di Stasiun Pasuruan
Stasiun Pasuruan merupakan salah satu stasiun kereta api tertua di Jawa Timur, dibangun pada paruh terakhir tahun 1870-an sehubungan dengan pembangunan jalur kereta api Malang-Surabaya. Mengingat kepentingannya, stasiun itu dibangun tak jauh dari Jalan Raya Pos (kini menjadi Jalan Soekarno-Hatta), dan dihubungkan dengan Jalan Stasiun, yang di sekitarnya terdapat Pasar Besar Kota Pasuruan.

Peron Stasiun Pasuruan, 2014
---------
Dahulu, ada jalur trem milik PsSM (Pasoeroean Stoomtram Maatscappij) yang bercabang dari jalur 1 melewati Pecinan (Jalan Niaga) menuju Sengon yang sekarang sudah dinonaktifkan. Selain itu, terdapat juga bekas jalur kereta api menuju Wonorejo dan Winongan yang dahulu juga dikelola oleh PsSM. Di antara stasiun ini dan Stasiun Bangil, terdapat Stasiun Kraton yang merupakan stasiun paling barat di Daop IX. Stasiun Kraton tersebut kini sudah tidak aktif dikarenakan letaknya yang kurang strategis dan jaraknya yang tidak terlalu jauh dengan Stasiun Pasuruan.
( wikipedia )